Jas Pria dan Harganya Ketika Dinilai Sebagai Sebuah Produk

Posted on

Harga jas pria pada umumnya memang selalu tinggi dan tidak mudah dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah. Padahal memang bisa dikatakan setelan jas sendiri tidak menggunakan desain yang berbeda-beda dari masa ke masanya. Hampir sama saja baik itu yang dibuat pada jaman dahulu hingga sekarang. Hanya saja ada padu padannya saja yang berubah dari segi apa yang dikenakan sebagai bawahan dan juga hiasannya.

Terlebih memang jas pria sendiri jarang sekali dibuat oleh orang-orang tertentu. Dimana kebanyakan orang lebih suka menyewa saja. Karena memang untuk kalangan tertentu, mengenakan jas sendiri hanya dilakukan mungkin sekali dalam setahun atau bahkan hanya beberapa kali seumur hidup. Umumnya jas pria sendiri hanya digunakan pada acara-acara seperti pernikahan, foto wisuda, yudisium, serta saat mengadakan interview kerja. Itu pun hanya untuk beberapa jenis pekerjaan saja.

Lalu, apa yang menyebabkan harga jas pria cenderung lebih mahal? Sebagai sebuah produk tentu saja ada beberapa hal yang membuat setelan jas pria dihargai dengan nilai yang cukup tinggi. Lalu, apa sajakah yang bisa membuat harga jas pria jadi lebih mahal? Berikut uraian menariknya :

Kualitas Bahan Utama Pembuat JasĀ 

Bahan utama yang dimaksudkan dalam hal ini sebagai pembuat jas tentu saja adalah kain yang dapat dilihat dari luar. Dimana banyak jenis kain, namun hanya beberapa jenis saja yang dianggap cocok untuk dijadikan jas. Sebut saja karakteristik kain yang menjadi bahan utama jas antara lain adalah bahannya berat, padat dan jatuh. Dan kriteria ini ternyata hanya dengan baik diberikan oleh kain wool. Dimana wool sendiri merupakan jenis kain yang memiliki kulitas yang cukup baik untuk dijadikan bahan jas, serta berharga lebih tinggi.

Bahan Struktur dan Pelapis dalam Jas

Yang menjadi salah satu faktor penentu kualitas dan bentuk jas adalah bahan yang sebenarnya diletakkan di bagian dalam dan sama sekali tidak terlihat oleh mata siapapun yang memandangnya. Dimana yang dimaksud dalam hal ini adalah bahan yang dijadikan struktur jas dan juga pelapis jas yang biasanya ada di bagian dalamnya.

Dimana beberapa penjahit yang sudah sangat berpangalaman biasanya menggunakan bahan struktur yang lebih akurat. Ibarat dalam sebuah bangunan, struktur ini sendiri sama saja seperti rangka yang sangat berperan dalam baik atau tidaknya sebuah bangunan ketika telah jadi.

Dalam membuat struktur jas ini ternyata tidak semua penjahit mampu membuatnya. Alhasil harga penjahit yang mampu membuat struktur jas dengan baik ini sendiri biasanya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan penjahit biasa. Dimana kebanyakan dari penjahit yang sudah sangat berpengalaman selalu akan bermain dengan struktur jas ini untuk menyesuaikan pola yang mereka buat dengan bentuk badan pelanggan mereka yang jelas selalu berbeda-beda.

Adapun bahan yang umumnya digunakan sebagai struktur jas ini sendiri biasanya beragam kain yang berbentuk lebih keras dan kasar sebut saja kanvas. Setelah dibuat strukturnyamaka akan diperlukan lagi kain pelapis untuk membuatnya jadi lebih nyaman ketika digunakan dan lebih rapi. Pengerjaan yang ribet juga menjadi alasan mengapa harga pembuatan jas pria sendiri jadi lebih mahal.

Bahan Aksesoris

Beberapa jas dengan bahan mahal tentunya akan sangat kontras jika nantinya digunakan bahan aksesoris yang berharga murah. Salah satunya bisa saja digabungkan dengan tuxedo yang berharga lebih mahal dan elegan. Kancing yang terbuat dari logam satin dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *